Wednesday, April 11, 2012

Putih Abu-Abu

Gue lagi demam sinetron Putih Abu-Abu ni. Sebenarnya gue ga suka sinetron, tapi karena gencarnya promosi sinetronya via twitter, gua jadi penasaran. Gue coba tonton, ternyata seru juga ya, lucu sinetronya. Apalagi pemainya unyu-unyu banget. Hehe. Berikut gue kasih review tentang sinetron Putih Abu-Abu yang gue ambil dari wikipedia. Cekidot.




Putih Abu-Abu

Putih Abu-Abu merupakan sebuah sinetron remaja yang ditayangkan di SCTV. Pemainnya antara lain ialah Eza GioninoDerby RomeroFebby RastantiRatna Kharisma AdzanaHikmal Abrar dan masih banyak lagi.
Sinetron ini diproduksi oleh Screenplay Productions.

Pemeran


Karakterisasi

  • Angel seseorang yang cinta mati kepada Kelvin dan menjurus kepada kelainan mental ringan, namun kadang bertingkah seperti anak kecil, sangat terganggu atas kehadiran Nina yang secara langsung merusak hubungannya dengan Kelvin. Seringkali bersikap frontal atas apa yang menurut dirinya adalah benar.
  • Kelvin seseorang yang tadinya urakan, namun berubah 180 derajat semenjak kehadiran Nina, hingga jatuh hati kepada Nina. Sangat kuat dalam menentukan apa yang harus menjadi pilihan hidupnya, meskipun hal itu justru merusak citranya.
  • Nina seseorang yang labil dalam segala hal, namun setelah bertemu Kelvin segalanya berubah, meskipun dia menyembunyikan perasaan cintanya kepada Kelvin, sangat suka menulis buku harian atas hal yang dia alami selama ini. Berulangkali dia sulit mengendalikan perasaannya yang menjadi kacau karena dihinggapi kegalauan jiwa tatkala menghadapi kondisi nyata di sekitarnya, seperti tatkala kejadian kaburnya Andre dari rumah.
  • Andre seseorang yang jatuh cinta kepada Nina, namun cenderung memaksakan kehendaknya (harus memiliki Nina) ketika Nina hanya menganggapnya sebagai kakak. Jiwanya terguncang tatkala mengetahui bahwa dia adalah anak adopsi Taufik.
  • Didi seseorang pejuang cinta sejati yang terus mengejar cinta Viola. Sangat terganggu apabila Julian mendekati Viola.
  • Viola seseorang yang berada dalam 2 pilihan antara Didi dan Julian, disatu sisi dia menyukai Julian disisi lain perasaan cintanya kepada Didi tidak bisa ditutupi.
  • Julian seseorang yang menjadi buronan Interpol dengan kelainan mental akut dan sangat tempramental. Berusaha keras untuk mengatasi penyakitnya tersebut setelah berita tentang seseorang yang dulu pernah dia serang mengalami koma.
  • Darwin seseorang yang menjadi pedagang segala jenis barang, dan sangat mencintai Sivia.
  • Sivia seseorang yang tegas dalam memutuskan sesuatu namun dimata orang lain terkesan otoriter, padahal maksudnya baik.
  • Romeo seseorang anak murid SMP akan tetapi ahli dalam bidang internet dan percintaan, jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Cecile yang murid kelas 2 SMA.
  • Inge seseorang yang lemah otak akan tetapi entah mengapa menjadi anggota geng 'Lollipop', biasa ditindas oleh Angel dan teman-temannya.
  • Kathrine seseorang yang selalu mengikut saja apa yang dikatakan Angel, namun sering tidak terduga, seperti tatkala mengajak Cecile taruhan, kalau Blink menang, Cecile harus mau diajak jalan bersama Romeo.
  • Cecile seseorang yang ceroboh akan tetapi sangat pandai menirukan tulisan orang lain, dan berperan sebagai tangan kanan Angel. Meskipun begitu disisi lain dia diam-diam membenci Angel.
  • Deta seseorang yang segala idenya asal jadi dan memandang masalah sepertinya mudah, menjadi kepercayaan Angel bersama Cecile.
  • Monica seseorang sosialita namun gagap teknologi, mengincar Akte Pendirian perusahaan milik Taufik yang masih atas nama orang lain dikarenakan takut kehilangan hartanya/takut hartanya jatuh kepada orang lain.
  • Tamara seseorang sosialita yang suka pamer namun kadang salah persepsi terhadap apa yang dimaksudkannya. Pendidikan terakhirnya S3 bidang Kosmetologi.
  • Suroso seseorang yang menjadi musuh bebuyutan Taufik, sangat licik dan penuh dengan ide-ide cemerlang. Disisi lain dia sangat menyayangi Angel sebagai cucunya.
  • Indira seseorang yang menderita akibat masa lalunya (hamil diluar nikah) dan mencoba bangkit meraih kebahagiaan bersama Gilang (kekasihnya) yang diketahui berada dalam lembaga pemasyarakatan.
  • Miss Janet seseorang yang pandai, unik dan nyentrik, akan tetapi sering kali ceroboh dan bersikap diluar nalar.
  • Yulia seseorang yang mencintai Didi, namun cintanya bertepuk sebelah tangan.
  • Pricilla seseorang yang mencintai Blink, namun tidak direstui ayahnya.
  • Ify seseorang yang bijaksana dalam menghadapi masalah, menjadi penengah dalam Blink.
  • Shilla seseorang yang kadang arogan, namun kadang diplomatis, punya pendirian kuat.
  • Hikmal seseorang yang suka foya-foya dan mabuk, mendekam dalam penjara akibat jebakan dari Monica.
  • Taufik seseorang yang sangat bertanggung jawab kepada keluarga, namun membenci Suroso karena dendam masa lalu.
  • Cynthia seseorang yang senang bermain game dan mengganggap pekerjaannya sebagai sekretaris tidak begitu penting.
  • Lea seseorang yang diam-diam menaruh hati kepada Andre.
  • Ben Ji seseorang yang menjadi sahabat karib Andre dalam suka dan duka.
  • Bella seseorang yang bercita-cita menjadi artis terkenal, namun selalu gagal dalam casting

Penggarapan

Putih Abu-Abu menggunakan metode umpan balik dan interaksi langsung dengan pemirsa dalam pengerjaannya melalui media internet, terutama untuk mengatasi kebuntuan kreativitas dan pemecahan masalah dari konflik yang terjadi sebelumnya. Termasuk mengomunikasikan hal-hal yang menjadi ganjalan selama pengerjaan, dikarenakan singkatnya waktu dalam proses editing.

Puisi Cinta

Putih Abu-Abu memuat beberapa puisi cinta yang cukup romantis, contohnya seperti puisi cinta Didi kepada Viola.
Kamu selalu bertanya apa itu Pi Dan kenapa ia setara dengan tiga koma empat belas. Kamu selalu bingung kenapa bilangan itu tergabung dalam rumus untuk luas sebuah lingkaran.
Jawabannya sederhana Yaitu Pi adalah sebuah konstanta yang maksud dan maknanya adalah sebuah ketetapan.
Aku selalu bertanya, siapakah diriku sebenarnya di dalam hari-harimu Viola. Adakah kamu pedulikan?
Namun dirimu jelas adanya, bagai Pi di dalam hatiku. Walau kamu selalu mencela, walau kamu selalu meremehkan.
Namun di hatiku, kamu tinggal tetap walau cinta ini tak masuk di akal.

Renungan Hidup

Putih Abu-Abu kadang menggunakan dialog perenungan hidup untuk menguatkan pesan yang ingin disampaikan kepada pemirsanya, contohnya sebuah renungan yang berjudul "Pulang".
Aku selalu percaya, tujuan kita hidup di dunia tak sekedar bernapas, makan, bersekolah, mengerjakan pe er, dan hal semacamnya.
Aku percaya, hidup adalah perjalanan untuk mencari jati diri. Kita hidup untuk menemukan siapa kita sebenarnya. Ada yang menemukan jati dirinya dengan mudah, ada yang menemukan jati dirinya dengan serangkaian kejadian dan peristiwa pahit.
Aku berkaca pada hidup yang terkadang lucu. Pada orang yang aku kagumi. Pada orang-orang yang aku sayang. Kita, manusia, sedang berpetualang mencari jati diri. Mencari jalan untuk menembus waktu dan menyatukan keping-keping masa lalu.
Hidup adalah perjalanan mencari jati diri. Lebih dari itu, hidup adalah perjalanan untuk mencari jalan pulang. Ke sebuah rumah yang hangat. Yang di dalamnya berisi tawa dan peluk hangat dari orang-orang yang kita sayang.
Sebuah rumah yang membuat kita tak ingin pergi lagi, karena kehadiran mereka membuat kita menjadi manusia yang lebih baik, manusia yang lebih hidup, manusia yang penuh cinta.
Semoga kamu cepat sadar, bahwa sebenarnya kamu sudah menemukan jalan pulang, namun kamu memutuskan untuk kembali mencari. Kami adalah keluargamu, kami adalah rumahmu. Sejak kamu dipeluk ibu, sejak kamu ditimang ayah, sebenarnya, kamu telah…. Pulang.

Bahasa

Putih Abu-Abu menggunakan bahasa sehari-hari dalam jagad twitter yang tidak ditemui pada sinetron kebanyakan, misalkan "beib", "kamseupay", "kowawa", "matemacinta", "menurut ngana", "romeobilang", "unyu", "ciyeee", "be-be", "be-be-em", "kepo", "cimit-cimitku" dsb, sehingga bagi orang awam akan aneh ketika mendengar istilah tersebut.

Sinopsis

Nina adalah gadis asal Yogyakarta yang baru saja kehilangan Riska, Ibunya untuk selamanya. Pesan terakhir sang Bunda Nina harus menemui seseorang di jakarta yang bernama Taufik. Menurut Riska hanya Taufik yang bisa membantu Nina. Karena Hikmal, Om Nina tidak bisa diandalkan karena sehari-harinya menghabiskan waktu hanya untuk berfoya-foya dan mabuk. Masih dirundung kesedihan Nina mengikuti amanat ibunya untuk pergi ke Jakarta. Di ibukota Nina diterima Taufik dengan baik, tapi sayang tidak demikian dengan Monica istri Taufik. Monica sangat tidak menyukai kehadiran Nina di rumah itu. Monica tahu bahwa Nina anak dari Anwar Sahabat Taufik yang dulu pernah memberikan modal usah untuk Taufik, Tak cuma didalam rumah Nina harus berhadapan dengan para murid yang membencinya di sekolah yang belum Nina ketahui, Bagaimana kelanjutannya?
Perjumpaan Nina dengan Kelvin yang tidak terduga membuat keduanya kian dekat. Kelvin yang tadinya membenci Nina perlahan tapi pasti berubah menjadi sayang. Menghadapi kenyataan ini terjadi pertentangan batin dalam diri Nina antara menjaga hatinya ataukah membiarkan larut dalam rasa cinta yang telah menyusupi relung hatinya kepada Kelvin seorang. Demikian pula dengan Kelvin, sadar bahwa kekasih hatinya terdahulu (Angel) akan merusak segalanya dan semakin berambisi untuk menghancurkan kebahagiaan Nina, membuat Kelvin mati-matian untuk melindungi Nina.
Keadaan semakin runyam tatkala perseteruan kecil itu ternyata juga berkaitan dengan masa lalu antara keluarga Kelvin dengan keluarga Angel.

Pranala luar







Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.